Wajib Visit! Berikut 5 Temple Paling Iconic di Bangkok!

Destinasi Wisata Bangkok, Thailand

Thailand, dengan sejarah yang kaya dan budaya yang mendalam, memiliki ribuan kuil yang tersebar di seluruh wilayahnya. Hal ini tak lepas dari kenyataan bahwa mayoritas penduduk Thailand beragama Buddha. Kuil-kuil ini bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga merupakan situs bersejarah yang menawarkan wisatawan pemandangan yang memukau dengan seni dan arsitektur Thailand yang khas. Kalau sedang liburan ke Thailand, kamu bisa berwisata religi ke beberapa kuil indah berikut ini. Bikin kamu betah menjelajah, deh.

1. Wat Phra Kaew

Dikenal sebagai kuil paling sakral di Thailand, kuil ini menyimpan patung Buddha dari batu Zamrud yang juga adalah batu giok. Patung ini juga merupakan objek keagamaan yang sangat di hormati di Thailand. Kuil ini Dibangun di halaman Grand Palace. Ikon yang sangat dihormati ini pertama kali ditemukan pada tahun 1464 di Chiang Rai ketika wat yang melindunginya disambar petir. Kemudian dibawa ke Laos sebelum kembali ke Chiang Mai dan akhirnya membuat rumah permanen di Bangkok di mana sobat dapat mengaguminya hari ini. 

Destinasi Wisata Bangkok, Thailand

Wat Phra Kaew adalah kuil yang luar biasa untuk dijelajahi, terutama galeri sepanjang 2 km yang dipenuhi lukisan mural yang sangat detail yang menggambarkan 178 adegan kisah epik Ramayana. Di setiap sudut sobat akan menemukan chedi tinggi yang ditutupi dengan ubin berlapis kaca atau daun emas, tetapi bangunan yang paling banyak difoto adalah chedi emas besar Phra Sri Rattana, yang ditampilkan pada koin 1 baht.

Kuil ini hanya buka sampai 15:30 dan biaya masuk setidaknya 500 baht untuk warga non-Thailand. Aturan berpakaian yang ketat berlaku tidak boleh memakai celana pendek dan kemeja tanpa lengan. 

2. Wat Pho 

Destinasi Wisata Bangkok, Thailand
Terkenal dengan patung Buddha rebahnya yang memiliki panjang sekitar 46 meter dengan kaki yang di hiasi dengan simbol-simbol auspicous yang terbuat dari mutiara. Terletak tepat di sebelah Grand Palace, Wat Pho juga menampung 1.000 patung Buddha dan 91 stupa (stupa), termasuk 4 chedi yang sangat mengesankan yang didedikasikan untuk 4 raja Chakri. Wat Pho juga merupakan rumah bagi sekolah pijat Thailand pertama di mana pijat Thailand diajarkan di Pusat Asosiasi Praktisi Medis Tradisional, yang terletak di ruko di luar kuil.

3. Wat Arun 

Destinasi Wisata Bangkok, Thailand
Terletak di tepi sungai Chao Phraya, Phrang (menara) tengah Wat Arun memiliki pemandangan yang sangat mengesankan jika dilihat dari sungai dan sekitarnya. kuil paling ikonik di Bangkok, hampir berseberangan dengan Grand Palace dan Wat Pho. Dibangun pada abad ke-17, nama lengkapnya 'Wat Arun Ratchawararam Ratchawaramahawihan' agak sulit diingat, sehingga sering disebut 'Kuil Fajar'. Bentuk khas Wat Arun terdiri dari sebuah prang tengah (menara bergaya Khmer) yang dikelilingi oleh 4 menara yang lebih kecil, semuanya bertatahkan faience dari piring dan tembikar. Tangga untuk mencapai balkon di menara utama cukup curam, biasanya lebih mudah untuk didaki daripada berjalan turun, tetapi pemandangan dari atas sana tiada dua nya.

Terlepas dari namanya, Wat Arun akan terlihat menakjubkan saat matahari terbenam. Wat Arun dapat dengan mudah diakses melalui feri melintasi Sungai Chao Phraya ke dermaga Maharaj dan biaya masuk ke kuil sekitar 50 baht.

4. Wat Saket (The Golden Mount) 

Destinasi Wisata Bangkok, Thailand

Berlokasi di atas sebuah gunung buatan, kuil ini menawarkan pemandangan 360 derajat dari kota Bangkok. Banyak pendaki yang naik ke puncak untuk menikmati pemandangan kota. Kuil ini dibangun pertama kali oleh Raja Rama III, upaya pertama gagal dan chedi runtuh karena tanah lunak dan konstruksinya ditinggalkan. Chedi emas yang sobat lihat hari ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Rama IV dan Rama V dan sebenarnya dibangun di atas sisa-sisa yang asli. Untuk sampai ke tempat ini sobat traveller harus menaiki 300 anak tangga yang mengarah ke teras atas dan ke chedi yang berisi relik Buddha yang dibawa dari India.

5. Wat Benchamabophit

Destinasi Wisata Bangkok, Thailand

Seperti namanya, kuil ini terbuat dari marmer putih Carrara dari Italia yang memberikan kuil ini penampilan cerah dan elegan ketika dilihat. Arsitekturnya mencerminkan gabungan gaya Thailand dan Eropa. 

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi kuil menarik di Thailand yang memungkinkan sobat traveller merasakan spiritualitas, keindahan seni, dan sejarah Thailand yang kaya. Selama perjalanan sobat, jangan lupa untuk menghormati tradisi dan adat istiadat setempat saat mengunjungi kuil-kuil ini. Nah buat sobat yang mencari trip murah ke Thailand bisa ikut Anjanitrip aja, di jamin liburan sobat akan berkesan! Selamat menjelajah keindahan budaya Thailand. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nge-hits Bareng Gaya Keren dan Unik di Harajuku!

10 Tips Dan Trik Traveling Yang Wajib Anda Ketahui

5 Tips Berpergian Wisata dengan Simple dan Smart