Mengenal Fauna Lokal yang ada di Pulau Sumba!

Sumba merupakan salah satu pulau yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya, di samping itu juga memiliki kekayaan fauna lokal yang begitu istimewa. Dari burung endemik yang menawan hingga kuda Sumba yang berparas megah. Nah buat sobat treveller yang penasaran, yuk kita telusuri keunikan fauna lokal yang membuat Pulau Sumba sangat berharga.

Kuda Sumba


Kuda Sumba adalah ikon budaya dari pulau ini. Kuda Sumba memiliki postur yang sangat anggun dan rambut panjang yang menggemaskan, di samping itu juga memiliki peranan yang sangat penting dalam budaya dan tradisi Sumba, di mana sering kali digunakan dalam acara-acara adat dan upacara keagamaan. Kuda Sumba merupakan salah satu kuda lokal Indonesia yang juga di kenal sebagai kuda sandalwood atau kuda sandel, merupakan kuda pacu khas Indonesia yang merupakan hasil perkawinan silang antara kuda poni lokal dan kuda arab. Selain memiliki postur tubuh yang gagah, mereka juga terkenal dapat memproduksi susu seperti sapi yang kaya akan manfaat jika di konsumsi loh sobat!

Burung-burung Endemik

Pulau Sumba adalah rumah bagi berbagai jenis burung endemik yang tidak akan sobat temukan di tempat lain. Burung-burung seperti Myzomela, Kepodang Sumba, dan Julang Sumba mengisi hutan-hutan dengan kicauan merdu yang akan membuat sobat treveller merasa tenang saat menyusuri keindahan alam pulau Sumba.

   

Burung Cendrawasih Sumba

Burung cendrawasih Sumba, yang juga dikenal sebagai "Paradisaea sumbana", adalah spesies burung cendrawasih yang hanya bisa sobat temukan daerah Timur Indonesia loh. Keindahan bulu-bulunya yang mempesona membuatnya menjadi hewan yang menakjubkan untuk dilihat.

Burung Maleo

Meski pun bukan burung asli Sumba, burung Maleo yang ada di pulau Sumba adalah salah satu spesies yang dilindungi dan patut diperhatikan sobat treveller. Menariknya  lagi burung ini dikenal dengan cara khusus dalam menetaskan telur nya di pasir vulkanik,  menciptakan gambaran alam yang tak tertandingi bukan.

Kesimpulan

Keanekaragaman hayati Pulau Sumba tidak hanya menjadi harta karun bagi pulau Sumba sendiri, tetapi juga bagi dunia. Melalui upaya pelestarian dan pengetahuan tentang fauna lokal yang semakin meningkat, kita dapat memastikan bahwa keindahan dan keunikan fauna Pulau Sumba akan tetap ada untuk dinikmati oleh generasi mendatang.  

Nah buat sobat treveller yang penasaran melihat keunikan fauna lokal di pulau Sumba bisa merencanakan private trip overland Sumba untuk menyaksikan keindahan dan keunikannya secara langsung.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nge-hits Bareng Gaya Keren dan Unik di Harajuku!

7 Destinasi Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berada di Labuan Bajo

10 Tips Dan Trik Traveling Yang Wajib Anda Ketahui