Dikenal Paling Unik, Berikut 3 Desa Wisata di Timur Indonesia yang Banyak Menyita Perhatian Wisatawan Lokal dan Luar Negeri.

Desa Wisata Wae Rebo 

Sahabat traveller seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negeri yang di anugerahi kekayaan alam yang berlimpah dan beragam wisata budaya yang unik. Salah satunya yang paling terkenal adalah adat istiadat dan seni di setiap sisi daerahnya. Sebagian daerah mungkin mempunyai kesamaan budaya namun dengan karakteristik berbeda, ada juga daerah yang benar-benar mempunyai budaya berbeda dan tidak akan sobat traveller temukan di daerah lain maupun pun di luar negeri.

Nah untuk sobat traveler yang senang berwisata budaya dalam negeri, sangat di sayangkan jika kalian belum pernah berkunjung dan menikmati suasana di desa-desa wisata Nusantara dengan kebudayaan unik yang masih melekat di dalamnya ini dan tentunya tidak dapat ditemukan di luar negeri. Lalu di mana dan apa saja nama desa wisata itu? Yuk simak ulasan berikut.

1. Desa Panglipuran (Bali)

Desa Wisata






(source : hargatiket.net)

Desa wisata dengan budaya paling unik pertama berada di pulau Bali, yaitu Desa Panglipuran. Desa Panglipuran adalah salah satu desa wisata yang paling terkenal tidak hanya di Indonesia namun juga luar negeri dengan kawasannya yang sangat bersih, bahkan sempat mendapat penghargaan kalpataru dan dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia. Berbeda dengan desa-desa di Indonesia pada umumnya, desa Panglipuran sangat khas dengan suasana Bali yang klasik, mulai dari bangunan pura hingga kehidupan masyarakatnya.

2. Desa Kete Kesu (Sulawesi Selatan)

 Desa Wisata

(source : pinterest @Josef Prijotomo)

Desa wisata dengan budaya unik selanjutnya berada di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Desa Kete Kesu ini adalah desa yang masih melestarikan dan berpegang teguh pada budaya, tradisi dan adat istiadat nenek moyang nya loh sobat. Mulai dari rumah-rumah khas Tana Toraja dengan desain dinding bambu dan atap menjulang tingginya, ornamen tanduk kerbau di depan rumah yang di percaya sebagai jembatan bagi arwah untuk mencapai nirwana, hingga kuburan kuno dan tulang belulang manusia di area pekarangan belakang desa. Unik nya makam-makam yang ada di desa ini tidak seperti makam pada umumnya yang berada di dalam tanah, melainkan makam batu yang menggantung di pinggir tebing dan sebagian ada yang di lindungi dengan jeruji besi untuk menghindari pencurian dari pihak yang tidak berwenang.

  3. Desa Wae Rebo (Nusa Tenggara Timur)

(source : pinterest)

Desa Wae Rebo merupakan salah satu desa wisata dengan pesona unik dan luar biasa yang ada di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Desa ini terletak sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Desa Wae Rebo yang di kelilingi pegunungan yang berselimutkan awan dan hutan yang rindang membuat suasana menjadi sangat sejuk dan memanjakan mata para penikmatnya, dan tentunya destinasi yang tepat untuk kalian yang gemar bertualang di alam atau sejenak menenangkan diri dari beratnya kehidupan.

Desa Wae Rebo sudah di kenal banyak wisatawan sejak dulu, tidak hanya dalam negeri tetapi juga luar negeri, bahkan di akui UNESCO sebagai desa warisan Budaya. Hal yang membuat desa ini disebut unik adalah terdapat 7 rumah dengan bentuk mengerucut yang disusun melingkar sehingga terlihat sangat menarik, tidak hanya itu ketika malam tiba langit di desa Wae Rebo akan terlihat sangat indah dihiasi milky way.

Nah buat teman-teman pencinta alam yang ingin berkunjung dan menikmati alam di desa Wae Rebo namun masih ragu dan bingung, tidak perlu khawatir kalian bisa mengambil paket Trip to Wae Rebo bersama Anjanitrip yang akan membawa kalian bertualang dengan aman dan super fun ke desa di atas awan dengan pemandangan yang sangat fotogenik dan estetik ini.

Kesimpulan

Dari uraian di atas bisa di simpul kan ya sobat ternyata Indonesia tidak hanya menyumbangkan keunikan seni dan budaya nya saja, namun juga desa wisata yang selalu mempertahankan keunikan adat istiadat dan melestarikan keindahan alamnya yang luar biasa, di mana kita bisa beristirahat sejenak dari berat dan banyaknya masalah kehidupan dengan berlibur ke tempat-tempat yang menghibur dan menenangkan jiwa. Diantara tiga desa wisata di atas, mana nih yang paling unik menurut sobat treveller? 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nge-hits Bareng Gaya Keren dan Unik di Harajuku!

7 Destinasi Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berada di Labuan Bajo

10 Tips Dan Trik Traveling Yang Wajib Anda Ketahui