9 Destinasi Wisata Indonesia yang diakui UNESCO dan Dunia

Hai Sobat Traveler, tahukah kalian kalau Indonesia memiliki beberapa Destinasi Wisata dan Budaya yang diakui Dunia atau biasa kita kenal dengan UNESCO. UNESCO merupakan organisasi Internasional yang bergerak pada bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. 

Nah ketika UNESCO mengakui sebuah keduayaan dari sebuah Negara, maka tempat itu harus dilindungi dan berada dibawah pengawasan organisasi UNESCO. Oleh karena itu kali ini mimin mau share 9 Destinasi Wisata Indonesia yang diakui UNESCO dan dunia, silahkan disimak yah.


Paket Open Trip Komodo



1. Kompleks Candi Borobudur

Terletak di Jawa Tengah, Candi Borobudur adalah kuil Buddha terbesar di dunia dan diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. 

Borobudur memiliki arsitektur yang mengagumkan dan terdiri dari ribuan relief yang menceritakan ajaran Buddha.

2. Taman Nasional Komodo

Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Komodo merupakan rumah bagi Komodo, kadal terbesar di dunia. 

Taman Nasional Komodo diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Dunia dan juga merupakan Situs Warisan Alam. Nah jika Sobat ingin mengunjungi Pulau Komodo, bisa memesan Paket Open Trip Komodo dari Anjani Trip yah!

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Terletak di Provinsi Banten, Taman Nasional Ujung Kulon adalah habitat langka bagi badak Jawa yang terancam punah. 

Tempat ini diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Dunia dan juga merupakan Situs Warisan Alam.

4. Taman Nasional Lorentz

Terletak di Provinsi Papua, Taman Nasional Lorentz adalah salah satu area konservasi terbesar di dunia dan diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. 

Taman Nasional ini meliputi berbagai ekosistem, termasuk gunung berapi, hutan hujan, dan gletser.

5. Lanskap Kultur Subak

Terletak di Bali yang tersebar di 5 kabupaten yakni Bangli, Buleleng, Badung, Gianyar dan Tabanan, keindahan sawah yang membentuk sebuah pola yang unik ini masuk ke dalam jajaran situs warisan dunia yakni UNESCO pada tahun 2012. 

UNESCO juga menyatakan bahwa Kultur Subak memiliki nilai estetika yang tinggi sebagai budaya asli Indonesia yang harus dilindungi.

6. Kepulauan Sangihe dan Talaud

Terletak di Provinsi Sulawesi Utara, Kepulauan Sangihe dan Talaud diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia sebagai Kawasan Konservasi Perairan Paling Penting di Indonesia Timur. Kepulauan ini memiliki keanekaragaman hayati laut yang luar biasa.

7. Taman Nasional Gunung Leuser

Terletak di Sumatera Utara, Taman Nasional Gunung Leuser adalah salah satu tempat terakhir di dunia yang menjadi habitat bagi orangutan Sumatera. 

Taman Nasional ini diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia dan juga merupakan bagian dari Kawasan Ekosistem Leuser.

8. Hutan Hujan Tropis Sumatera

Terletak di Sumatera, Hutan Hujan Tropis Sumatera adalah habitat bagi beragam spesies flora dan fauna yang langka dan terancam punah. 

Hutan ini diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia dan juga merupakan bagian dari Kawasan Ekosistem Leuser.

9. Taman Situs Ombilin Sawahlunto

Terletak di Provinsi Sumatera Barat, Taman Situs Ombilin Sawahlunto adalah bekas tambang batubara yang diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2019. 

Taman Situs ini merupakan saksi bisu dari sejarah pertambangan batubara di Indonesia dan merupakan contoh penting dari peninggalan industri batubara di dunia.

Kesimpulan

Nah dari penjabaran di atas tentang 9 Destinasi Wisata Indonesia yang diakui UNESCO dan dikenal di seluruh dunia, sekarang Sobat sudah lebih mengetahui jikalau Indonesia itu memiliki banyak destinasi indah dan beragam yang layak dikunjungi dan dinikmati. 

Bahkan Dunia pun mengakui keberadaan dan keberagaman Desitinasi Wisata maupun Budaya dari Indonesia. Makin bangga gak sih jadi Warga Negara Indonesia?! Oleh karena itu, yuk bersama kita jaga Alam dan Budaya yang ada di Indonesia yaa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nge-hits Bareng Gaya Keren dan Unik di Harajuku!

7 Destinasi Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berada di Labuan Bajo

10 Tips Dan Trik Traveling Yang Wajib Anda Ketahui